Tips untuk Kustomisasi Linux

Posted: March 2, 2012 in TIK

Filed under: Tips — Tag:, — zethabyte @ 9:12 am

Keuntungan utama Linux adalah memberikan banyak kendali kepada pengguna untuk mengkustomisasi sistem operasi tersebut semaunya. Hari ini kita akan melihat beberapa tips yang akan memberikan pengalaman pemakaian Linux yang lebih baik. Untuk Anda yang sudah ahli Linux, mungkin tips di bawah ini sudah pernah Anda ketahui, tetapi saya harap beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda yang baru mulai menggunakan Linux.

1. Aktifkan komputer Anda secara remote dengan mengirimkan sinyal ke kartu jaringan yang mendukung WakeOnLAN. Tips ini sangat berguna apabila Anda mengoperasikan sebuah server di rumah, akan tetapi hanya perlu mengaksesnya pada waktu tertentu saja.

2. Apabila Anda melakukan dual boot dengan Windows, gunakan Explore2fs, Ext2 Installable File System atau DiskInternals Linux Reader untuk membaca/menulis ke dalam partisi Linux Anda dari Windows.

3. Sebaliknya, gunakan NTFS-3G untuk membaca/menulis ke dalam partisi dengan filesystem NTFS dari Linux.

4. Gunakan Synergy, aplikasi KVM gratis terpopuler untuk menggunakan tetikus dan keyboard yang sama untuk beberapa komputer yang mengoperasikan sistem operasi berbeda dengan dukungan copy paste.
Screenshot Synergy

5. Memulihkan data dari media penyimpanan yang rusak dapat dilakukan dengan beberapa alat Linux seperti Parted Magic, Ubuntu Rescue Remix, SystemRescueCd, Foremost (data recovery) dan Ddrescue yang didesain khusus untuk keperluan troubleshooting.

6. Apabila Anda adalah seorang blogger yang lebih menyukai aplikasi desktop dibandingkan editor berbasis web, gunakan aplikasi-aplikasi ini: Gnome Blog, Drivel Journal Editor, BloGTK, Thingamablog, Bleezer atau QTM.

7. Apabila Anda adalan seorang pengembang web/desainer, Anda harus menguji kompatibilitas situs Anda di banya browser, IEs4Linux adalah cara mudah untuk memeriksa apakah IE menampilkan situs Anda dengan benar.

8. iPod Anda membutuhkan iTunes? Inilah tiga alternatif iTunes yang walaupun tidak akan menggantikan iTunes secara penuh, sudah cukup fungsional untuk sebagian besar pengguna: Amarok, Banshee dan Rhythmbox.

9. Lacak perubahan dalam beberapa konten file sekaligus dengan membuat beberapa jendela melalui MultiTail (diketahui juga sebagai tail on steroids, system administrator yang sering memantau log akan sangat menyukai aplikasi ini!)

10. Gunakan Terminator untuk membagi layar Anda menjadi berbagai jendela terminal, baik secara horizontal maupun vertikal.

11. Untuk mengkustomisasi tampilan terminal Anda dengan lebih bebas dan melakukan beberapa fungsi rumit, GNU Screen adalah pilihan yang lebih baik, tetapi Terminator jauh lebih mudah digunakan.

12. Gunakan RSIBreak untuk mencegah Repetitive Strain Injury. RSIBreak memaksa Anda untuk beristirahat sejenak, tergantung dari konfigurasi yang Anda pakai.
Screenshot RSIBreak

13. Apabila Anda hanya dapat diperbolehkan bekerja di terminal (sys admin) atau lebih suka bergelut di jendela terminal daripada GUI, terus ikuti perkembangan berita terbaru dengan aplikasi pembaca RSS newsbeuter.

14. Conky adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat menambahkan fungsionalitas desktop Anda. Coba lihat konfigurasi Conky yang sangat kreatif ini dan baca tentang bagaimana cara membuat desktop ini.
Screenshot conky

15. Sering membuat podcast? Rootprompt memiliki kumpulan sumber daya lengkap untuk para pendengar maupun produsen podcast Linux. (LinuxHaxor)

Bonus: Lifehacker juga menulis artikel menarik tentang 10 cara mengoptimisasi Gnome.

 

Sumber: http://beritanet.wordpress.com/2008/10/17/tips-untuk-kustomisasi-linux/#more-204

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s